Minggu, 17 Mei 2009

anak sd sekarang bukan main ps lagi tapi...

Saya perhatikan setiap hari semakin banyak saja anak sd yang suka main ke warnet, yang lazim terlihat biasanya anak-anak SD khususnya anak laki-laki suka berkumpul di rental playsation bersama teman-teman. Kebetulan saya gawe di warnet sebagai operator warnet, dan karena iseng saya kadang-kadang suka nyamperin mereka mau tahu permainan apa sieh yang suka dimainkan oleh mereka. Karena rata-rata dari mereka masih kecil jadi saya merasa tidak canggung untuk melakukan itu pada mereka, dan tentu saja mereka tidak risih dan mau memberi tahu permainan apa yang sedang mereka mainkan.

Saya pun memakluminya, ya namanya juga anak-anak SD mereka masih suka bermain-main. Tapi yang satu ini saya tidak habis pikir karena ini beda dari hari-hari biasanya. Kali ini karena iseng juga saya samperin mereka di room yang mereka sewa, dan mereka pun tidak sadar kalau saya sudah ada di dekat mereka. Betapa kaget dan herannya saya, ternyata kali ini mereka bukan bermain seperti biasa, mereka mengakses gambar-gambar orang dewasa yang gambar cewek-cewek telanjang, wkakakakakakak......

Trus saya langsung tegur mereka dan menanyakan mereka kelas berapa koq sudah berani-berani cari-cari gambar orang-orang dewasa yang tidak lazim untuk dilihat anak seumuran mereka. Tapi apa yang terjadi setelah itu? bukannya mereka malu atas tindakannya tapi malah ketawa-ketawa dan tidak peduli seolah-olah apa yang mereka lakukan itu benar dan tidak salah. Ya mungkin memang tidak salah hanya saja ada rasa prihatin dalam hati saya mengingat usia mereka masih sangat kecil dan belum sehaursnya mereka melihat gambar-gambar orang dewasa yang bisa menyebabkan pikiran yang tidak sesuai dengan usia mereka, bisa jadikan kalau hal yang semacam itu sangat berpengaruh pada perkembangan mental mereka. Bukankah sering juga kita kita mendengar kenakalan anak-anak ABG yang contohnya melakukan pelecehan seksual atau pencabulan bahkan melakukan permerkosaan itu biasanya diawali dengan melihat gambar-gambar atau video-video seperti itu?

Jujur saya pribadi merasa sangat prihatin dengan perkembangan anak-anak SD jaman sekarang. Ya memang tidak semua anak SD seperti itu keseharian mereka, hal ini mungkin disebkan oleh lemahnya pengawasan pada anak-anak oleh wali anak itu sendiri,,,

Akhir kata saya hanya ingin mengucapkan pada para pembaca semua agar lebih memperhatikan saudara, anak, keluarga, kerabat kita yang masih kecil-kecil apa yang mereka lakukan diluar sana bersama teman-teman mereka. Tidak ada salahnya kita mengawasi kelakuan mereka demi mencegah hal-hal buruk yang terjadi pada keluarga kita yang masih anak-anak. Karena anak-anak merupakan pribadi yang sangat lugu dan belum tahu mana yang baik dan mana yang buruk untuk dilakukan.



1 komentar:

  1. pengawasan orang tua, saudara memang sangat perlu alangkah baiknya jika kita sebagai operator internet memperingat kan mereka untuk tidak melakukan hal itu.

    BalasHapus